Friday 28 September 2012

5 Cara Alami Cegah Kerontokan Rambut

Ada kalanya kita juga perlu melakukan perawatan alami untuk mencegah kerontokan rambut. Selain mudah didapatkan bahan-bahannya, harganya juga terjangkau oleh kantong.
Anda bisa mencoba lima cara alami mencegah kerontokan rambut sebagai alternatif berikut ini:
Perawatan hot oil
Sekarang memang ada yang instant, tetapi kalau mau mencoba cara alami, Anda bisa mencoba minyak zaitun atau minyak kelapa. Caranya mudah, panaskan minyak dalam tungku kecil (yang biasanya dipakai untuk minyak aromatherapy). Setelah menghangat, pijatkan minyak tersebut di bagian akar rambut perlahan hingga keseluruhan bagian kepala.
Setelah semua selesai dipijat, pakai shower cap atau handuk dan diamkan selama satu jam sebelum berkeramas seperti biasa.
Pakai jus alami
Jika creambath di salon, Anda akan ditanya, mau cream apa yang akan dipakai? Gingseng untuk kesuburan rambut, lidah buaya untuk perawatan rambut rontok, atau alpukat untuk perawatan rambut kering. Nah, kalau yang satu ini Anda bisa membuat ramuannya sendiri.
Khusus untuk rambut rontok gunakan ramuan jus bawang putih, bawang merah dan jahe. Iuh baunya pasti kurang sedap ya :) tetapi tenang saja, Anda tak harus mengenakannya sepanjang waktu. Cukup 10 - 15 menit saja dioleskan dan dipijat pada rambut dan sebulan sekali. Anda bisa segera berkeramas dan meninggalkan aroma tak sedapnya.
Massage kepala
Ternyata memassage kepala dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Dengan memberikan massage harian selama 5 menit saat sedang berkeramas, maka Anda membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala.
Masih ingat kan bagaimana saat rambut Anda dicuci di salon, yah kira-kira gerakan demikian yang digunakan untuk memassage. Anda bisa menambahkan shampoo agar lebih licin dan nyaman saat dipijat.
Gerakan antioksidan
Kalau tadi sudah mencoba ramuan bawang putih, kali ini Anda bisa mencoba ramuan antioksidan dari tumbuh-tumbuhan atau sayuran hijau. Seledri dan lidah buaya, dua senjata antioksidan yang mampu membantu mencegah dan mengatasi kerontokan rambut.
Meditasi
Percaya atau tidak, sebagian kasus rambut rontok disebabkan oleh stress yang berlebihan. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan meditasi dan mengatur pernafasan. Buat agar diri Anda tetap dalam keadaan rileks sehingga hormon tetap seimbang.
Selamat mencoba ya, Ladies.

(Sumber: kapanlagi.com)

No comments:

Post a Comment