Sunday 16 September 2012

Manfaat dan Keutamaan Memakai Jilbab atau Kerudung Bagi Muslimah

Kali ini Hafiza akan berbagi informasi tentang manfaat menutup Aurat, selamat membaca.
Sebelum kita membahas tentang manfaat menutup aurat, yuk kita mengaji dulu yuk,,
Surat Al-Ahzab ayat 59
Artinya: Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya* ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
* Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.
Surat An Nuur Ayat 31
Artinya: Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya,
Kesimpulan utama 2 ayat diatas adalah kewajiban bagi kaum wanita untuk menutup auratnya, sedangkan hikmah 2 ayat diatas diantaranya adalah:
  1. Sebagai wanita muslimah kita diutus Allah untuk selalu menjaga kehormatan diri kita, kehormatan suami dan keluarga kita.
  2. Sebagai wanita muslimah, kita diutus untuk menutup aurat agar terhindar dari bermacam-macam gangguan dan hal-hal yang tidak kita baik.
  3. Sebagai wanita muslimah yang menjaga kehormatannya, kita hendaknya menahan pendangan, hawa nafsu serta tidak berlebihan dalam berhias diri baik dari pakaian, perhiasan maupun dandanan kita.
  4. Para ulama mengatakan bahwa ayat ini juga menunjukkan akan haramnya menampakkan anggota badan tempat perhiasan tersebut. Sebab jika perhiasannya saja dilarang untuk ditampakkan apalagi tempat perhiasan itu berada (aurat tubuh kita).
Nah,,, sista setelah kita mengetahui bahwa menutup aurat bagi kaum hawa itu wajib, maka sekarang Hafiza akan menjelaskan manfaat dari menutup aurat.. yuk disimak…
  1. Menghidarkan diri kita dari perbuatan dosa
  2. Menghargai diri kita sendiri
  3. Menghindarkan diri kita dari fitnah dan kejahatan lainnya
  4. Menimbulkan rasa hormat dari siapapun
  5. Menghindari kejahatan dan hawa nafsu kaum adam
  6. Menjaga dan melindungi tubuh kita dari pengaruh buruk lingkungan dan cuaca
  7. Menutup aib atau cacat yang ada pada tubuh kita
  8. Dan yang pasti lebih membuat sista semakin cantik anggun dan mempesona
Subhanallah,,, Begitu besar manfaat yang kita dapatkan dari menutup aurat ini. Maha benar Allah dengan segala firmannya, karena setiap apa yang diperintahkan Allah swt tidak lain dan tidak bukan adalah hanya demi kebaikan hamba-hambanya….
Semoga bermanfaat…
^_^

No comments:

Post a Comment